Senin, 02 November 2009

kebaya MarGa aLam

Marga Alam Siapkan Kebaya Mewah untuk Ajang Miss World 2009
Jumat, 30 Oktober 2009 16:34 WIB


Rancangan Marga Alam di Fashion Exploration 2008
Foto: Vibizlife/ Eddy Bogel


(Vibizlife - Fashion News) Sebuah kebanggaan bagi Marga Alam, ketika diminta membuatkan busana untuk dikenakan Miss Indonesia 2009 Kerenina Sunny Halim saat malam grand final Miss World 2009 di Johannesburg, Afrika Selatan, 12 Desember mendatang.

Desainer spesialis kebaya ini telah menyiapkan tiga rancangan, yang salah satunya akan diikutkan dalam kompetisi Designer Award, yang merupakan bagian dari acara tersebut.

"Saya membuatkan tiga kebaya untuk Miss Indonesia, yang pertama motif tenunan Bali dengan warna turquoise, kedua warna biru muda dengan sentuhan Batik Sidomukti, dan yang terakhir kebaya bernuansa emas yang mewah dengan tampilan internasional," jelas Marga.

Rancangan kebaya warna emas inilah yang akan bersaing dengan perancang dari negara lainnya untuk memenangkan Designer Award 2009. Untuk menciptakan kebaya tersebut, Marga menghabiskan waktu hampir 3 bulan, mulai dari sketsa, pemilihan bahan, proses jahit, pemasangan payet sampai finishing.

"Proses pembuatannya cukup lama karena semuanya dikerjakan handmade. Bayangkan betapa susahnya menjalin payet dan manik yang menghiasi seluruh bagian atas kebaya dengan tangan. Karena pengerjaan handmade adalah salah satu penilaian tertinggi dari kompetisi ini," ujar desainer yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia ini.

Kesan mewah memang sangat terlihat dalam gaun kebaya rancangannya ini. Pemakaian bahan-bahan import seperti Italian Silk dan lace, serta bordiran tiga dimensi dari manik dan payet. Meskipun bernafas internasional, Marga tidak lupa memasukkan unsur tradisional.

"Ornamen ukiran kayu khas Jepara Saya terapkan ke gaun lewat sulam dan bordir. Sementara bentuk kebayanya, Saya ambil model kerah kebaya kartini," tuturnya.

Desainer yang pernah menjadi model ini menyatakan optimis bisa memenangkan kompetisi rancangan terbaik di Miss World 2009. Menurutnya, kebaya memiliki siluet yang unik dan keanggunan berbeda dibanding gaun malam pada umumnya.

"Gaun kebaya sangat berkarakter, ketika dikenakan memiliki aura dan keanggunan berbeda daripada gaun biasa. Saya sendiri sangat optimis bisa menang," ucap Marga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar